Saturday, December 4, 2010

3 Tipe Kepribadian Orang yang Anda Perlukan untuk Mengembangkan Bisnis Internet Anda

3 Tipe Kepribadian Orang yang Anda Perlukan untuk Mengembangkan Bisnis Internet AndaMenjadi pebisnis internet tidak berarti harus mengerjakan semuanya sendiri. Anda bisa gunakan tenaga orang lain untuk memajukan bisnis internet anda. Karena itu sering saya sarankan untuk membentuk tim agar gerak bisnis internet anda bisa lebih kencang.

Namun, anda perlu perhatikan juga karakter dari tiap orang yang bergabung ke dalam tim anda. Hendaknya tiap orang memiliki karakter berbeda. Nah di sini saya sampaikan tiga tipe kepribadian orang yang anda butuhkan untuk melengkapi tim bisnis anda. Ketiga tipe orang ini bukan hanya dibutuhkan untuk jenis bisnis internet saja, namun juga diperlukan untuk memajukan jenis bisnis apapun yang anda jalankan.

Apakah tiga jenis kepribadian orang yang anda butuhkan itu?

Sebelum masuk ke sana, saya ingin ulas terlebih dahulu pertanyaan yang mungkin paling banyak muncul bagi mereka yang baru mengenal bisnis internet ini. Pertanyaan itu biasanya: dari mana mulainya?

Di 3 langkah ampuh SMUO sebenarnya sudah saya jelaskan bagaimana cara sederhana memulai bisnis internet.

  1. dari memiliki produk
  2. membuat situs web (website) SMUO
  3. dan ketiga promosi, promosi, dan promosi.

Nah, agar ketiga langkah ampuh tersebut bisa berhasil, tim anda harus terdiri dari tiga karakter yang berbeda, yaitu:

  • karakter pemasar
  • karakter pemikir
  • dan karakter pendorong.

Orang berkarakter pemasar berarti harus paham cara kerja serta seluk beluk penjualan dan marketing. Orang tersebut harus mengerti bagaimana cara berjualan di internet.

Kedua adalah tipe pemikir. Orang berkarakter seperti ini tugasnya adalah memunculkan ide baru atau gagasan baru. Orang tipe ini harus paham siapa konsumen yang dilayani, seperti apa kesukaannya dan mengapa konsumen menyukainya.

Ketiga adalah tipe pendorong. Tugasnya adalah memastikan semua target tim tercapai dan sesuai dengan rencana bisnis. Orang tipe ini biasanya punya ambisi tinggi dan mengutamakan hasil. Biasanya orang tipe semacam ini cocok sebagai pemimpin tim, sebab jika dibutuhkan dia juga harus mau turun membantu kerja tipe para pemasar dan pemikir.

Idealnya, usaha atau bisnis anda, diisi oleh ketiga jenis orang tersebut. Tapi kalau terpaksa atau kebetulan anda memulai bisnis seorang diri lalu bagaimana?

Berarti anda sendiri yang harus memerankan ketiga peranan itu. Anda sebagai pemikir, sebagai pemasar, sekaligus penekan bagi diri sendiri. Dan itu yang saya lakukan di masa-masa awal lahirnya Formula Bisnis. Dari membuat produk, website, dan promosi, saya lakukan semuanya seorang diri. Untunglah saya cukup sabar menjalankannya karena memang hasilnya sangat setimpal. :)

No comments:

Post a Comment